Setiap manusia, mau semuda ato setua apa pun, pasti pernah ngerasain jadi anak-anak. Pernah ngerasain gimana enaknya berbugil-ria di tempat rame tanpa malu, ngerasain ga enaknya dimarahin ama orang tua gara-gara meles minum susu, dan segudang peristiwa ajaib laennya. Yang bikin sedih, yang nyenengin, sampe yang nyeremin, semuanya ga akan pernah ilang ditelen waktu. Semuanya kerekam di pojokan otak kita dalem sebuah folder mungil nan meriah... dengan label Masa Kecil...

...folder inilah yang bakal dengan dongoknya, gw share ama temen-temen sekalian.

Sebelumnya, gw juga mo ngasih info buat pembacawan dan pembacawati sekalian, bahwa--meskipun bertajuk anak-anak--blog ini berisikan konten-konten eksplisit yang sangat tidak dianjurkan untuk dibaca saat beraktipitas di kolam renang atopun arena tinju. Karena disinyalir dapat menimbukan ambeyen berkepanjangan serta keram bercelimpungan.

Akhir kata, gw beserta seluruh kerabat kerja yang beringas mengucapkan... selamat menikmati!
;)

Kamis, 03 April 2008

Ikan-ikan dari Engkong

Sepeninggal papinya Pepeng, seisi rumah ceria jadi repot abis gara-gara ulahnya Pepeng. Bayangin aja, tiap jam enem sore, barengan ama beduk mesjid komplek berkumandang, Pepeng selalu ngangis ga karu-karuan. Mending kalo nangisnya masih dalem tahap kewarasan, tapi ini udah nangis, banyak maunya pula. Engkongnya Pepeng ampe semaput dibuatnya.

Kelamaan, engkong udah ga tahan lagi ama jerit tangis biadab Pepeng. Engkong pun jungkir balik, koprol-kipril, buat nyari solusi. Sempet terlintas di benak engkong buat menggantung Pepeng di pohon nanas pas nangisnya kambuh. Namun berhubung kasian (nanasnya), engkong pun mengurungkan niatnya. Oeekk... oekk... tuh kan, Pepeng kecil nangis lagi. Engkong tambah menderita.

"Aduh peng, engkong capek denger nganyian elu... masa kagak ade lagu yang laen?" Engkong berujar dengan penuh nestapa.

Besoknya gara-gara keselnya udah ampe ke ubun-ubun, engkong pun nekat ngebeli ikan kecil-kecil yang banyaaak banget demi ngebuat Pepeng ga nangis. Dan hasilnya, benar-benar di luar dugaan. Pepeng dengan dongoknya mudah banget digosok, eh, disogok. Sambil memandang ikan-ikan di dalem baskom yang mungil, Pepeng tersenyum-ria.

Ikan-ikan itu lucu-lucu banget. Keseluruhan sih warnanya item areng, tapi ga jarang juga ditemuin ikan-ikan yang buntutnya berwarna-warni. Jumlahnya ga keitung, ada kali dua puluhan biji. Kata engkong sih, tuh ikan buat makanan ikan yang lebih gede. Tapi berhubung engkong ga miara ikan, Pepeng pun rela ngemil ikan kecil. *ya enggak lah!*

Hari pertama tuh ikan terdampar di rumah, Pepeng sukses ngelupain bisnis air mata buaya yang sekian lama digelutinya. Pepeng seneng banget ama piaraannya yang baru. Seharian Pepeng ga mo lepas dari mainannya yang baru ini, bahkan pas makan siangpun, Pepeng harus disuapin segala gara-gara sibuk bermain ama si ikan.

Malemnya, pas lagi nonton bareng di ruang tamu, ga sengaja Pepeng ngeliat video klip "Joshua" di telepisi. Kalo ga salah sih, judulnya "diobok-obok". Di situ diliatin adegan Tukul en Joshua ngobok-ngobokin tangannya di ember aer sambil nyanyi...

diobok-obok aernya diobok-obok... ada ikannya kecil-kecil pada mabok...

Nah, ini nih biang keroknya. Gara-gara diracuni oleh tuh lagu, pagi-pagi buta, Pepeng udah ngejogrok di halaman belakang rumahnya dengan setengah sadar. Masih setengah tidur, Pepeng mencoba ngeraba-raba ember berisi ikan yang dibeliin engkong kemaren. Hap. Setelah ketemu, ember itu ditaruh di hadepannya.

Dengan kecepatan kilat, Pepeng ngemasukin tangannya yang manis-manis ke dalem ember. Detik berikutnya tuh tangan udah berputar-putar ria di dalem ember dengan kecepat tinggi. Lama-lama, aernya pun berputar ngebentuk pusaran dahsyat. Wuis! Pepeng terkesima.

Setelah puas, dengan hati berbunga-bunga, Pepeng bersiap siap berangkat sekolah.


***

Pulangnya, ga pake makan siang - makan siang segala, Pepeng langsung ngibrit ke halaman belakang dengan bringas. Engkong cuman bisa geleng-geleng pala ngeliat kelakuan si bocah ajaib ini. Dengan perasaannya yang campur aduk, engkong duduk nyante di bale-bale sambil memandang aspal jalanan. Belum ada lima menit, engkong dikagetin ama sebuah suara dari belakang rumah.

"Engkoooong!!!!" Tuh kan. Teriakannya makin keras.

Engkong pun berlarian ke halaman demi menemukan Pepeng berjogrok di lante sambil nangis-nangis. Di depannya tergolek ember ikan yang tadi pagi masih ramai dengan canda-tawa ikan-ikan mungilnya si Pepeng. Tangis Pepeng makin menjadi-jadi begitu ngeliat engkong nyempil dari pintu rumah. Ada apa gerangan?

"Koooong... engkoooong... i-ikan Pepeng... i-ikannya... mati semuaaaa!!"

Ya oloh. Engkong sedikit kaget. Lalu dengan tatapan penuh curiga, engkong merhatiin tuh ember. Olala! Betapa terkejutnya lagi engkong pas ngedapetin bahwa ikan-ikannya udah mengambang dengan vulgar di permukaan aer. Ga ada satupun yang bergerak. Semuanya mati.

Pepeng ga stop-stop nangis. "Kong, idupin lagi! Ga mau tau... pokoknya idupin lagi... Uwaaa!" Pepeng menjerit penuh sesal. Dalem hatinya dia tau, bahwa eksperimen kecilnya tadi pagilah yang telah ngebuat ikan-ikan itu mati dengan sukses. Dan Pepeng ngerasa bersalah banget, kepada ikan, juga kepada dirinya sendiri. Pepeng mau ikan-ikan itu kembali berenang dengan riang di ember kecilnya.

Tapi apalah daya, enkong bukanlah Tuhan, dan Tuhan bukanlah engkongnya Pepeng. Daripada ngidupin ikan-ikannya yang udah mati, engkong malah ngasih pesen, "Peng, ada satu hal yang orang kayak engkongmu ini ga bisa lakuin, yakni ngebalikin waktu..."

"...nyesel kan sekarang?"

Pepeng malah ngelingker di kakinya engkong sambil sesegukan bak kucing sembelit. Masih juga belom stop nangis. Ngeliatnya, engkong jadi iba, "udahan ye, Peng... engkong ga tahan liat elu nangis mulu. Besok engkong beliin ikan yang baru deh."

"beneran, kong?" Engkong manggut.

Pepeng langsung tersenyum riang ngedenger kata-kata terakhir engkongnya. Diapusnya aer mata kudanil dari pipinya yang tulang semua. Tapi begitu ngeliat ikan-ikan yang udah ditewasinnya itu, Pepeng jadi sedih lagi.

"udah deh, kong... ga usah beliin lagi," kata Pepeng sambil natep genangan aer penuh ikan mati didepannya. Dia gak mau ada korban lagi yang jatuh akibat ulahnya yang ajaib. Cukup ini aja, pikirnya...

Dan selepas ngebuang ikan-ikan itu ke got di depan rumah, keliatan dari surga, ikan-ikan kecil yang udah mati itu tersenyum dengan riang di kolamnya yang baru. Mereka bahagia udah bisa ngorbanin nyawanya buat ngasih sesuatu buat mahluk laen... pelajaran.

Sejak saat itu, Pepeng kecil ga nangis lagi.

*sob... sob...*

Tidak ada komentar: